Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI)

kmh-hari-disabilitas-4Tanggal 3 Desember adalah tanggal  yang bersejarah untuk penyandang cacat atau disabilitas, dimana tujuan pada peringatannya untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu kecacatan, hak-hak  fundamental para penyandang disabilitas dan integrasi para penyandang disabilitas di dalamsetiap aspek kehidupan utama seperti  aspek sosial, politik, ekonomi dan status budaya masyarakat mereka. Peringatan ini  memperluas kesempatan untuk menginisialisasi tindakan untuk mencapai tujuankesetaraan hak  asasi manusia dan kontribusi dalam masyarakat daripenyandang disabilitas, yang diluncurkan oleh Program Dunia Aksi untuk para  Penyandang Disabilitas, dideklarasikan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1982 dan oleh pemerintahan Indonesia, payung hukum untuk disabilitas saat ini dituangkan dalam Undang-Undang no. 8 tahun 2016

Untuk kegiatan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) kmh-hari-disabilitas-5tahun 2016 ini di kota Surabaya, secara rutin diadakan di BK3S Jawa Timur (Badan Kordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial) yang bertempat di jalan Raya Tenggilis, Surabaya. Untuk peringatanHDI  tahun 2016 ini di BK3S Jatim ada hal berbeda, diantaranya:

– Panggung acara diletakkan diluar (Outdoor) dari biasanya di dalam gedung BK3S

– Adanya perhatian khusus dari Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika (Unites States) di Surabaya, yang diwakili oleh bu Esti, yang hadir dan memberikan sambutan dan informasi program untuk para disabilitas bisa mendapatkan fasilitas/ kesempatan bersekolah dan bekerja di Amerika dengan syarat/kondisi serta kuota yang berlaku.

kmh-hari-disabilitas-6Komunitas Mata Hati          ( KMH ) yang merupakan salah satu mitra komunitas dari BK3S turut mendukung acara HDI tersebut, dengan mengisi acara di panggung dengan band KMH nya didukung penampilan dari mbak Erika (Telkomsel) dan penampilan dari Ketua BK3S Jatim, bapak DR. H. Tjuk Kasturi Sukiadi, SE yang turut memberikan penghargaan kepada para penyandang cacat berprestasi dan pemenang lomba.

kmh-hari-disabilitas-7

Penampilan KMH, pak Tjuk (BK3S) dan mbak Erika (Telkomsel)

 

Leave a Reply