PELATIHAN KESIAPAN KERJA DASAR OLEH LSM SAUJANA

Senang sekali Komunitas Mata Hati mendapat undangan menjadi observer pada kegiatan pelatihan Kesiapan Kerja bagi 25 pemuda dengan disabilitas untuk meningkatkan kompetensi dan kesiapan dalam memasuki dunia kerja. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Luminor Sidoarjo, 24 – 28 Februari 2020 diselenggarakan oleh LSM Saujana , Proyek Progresif ( Pro Generasi Kerja Inklusif ) yang didukung USAID.
LSM Saujana bergerak di area “kerja” dan “disabilitas” yang mungkin lebih dikenal dengan platform yang dimilikinya, kerjabilitas.com menyebarluaskan informasi peluang kerja bagi disabilitas. Ataupun “Ayo Inklusif” platform project USAID tahun 2018 dengan sebuah konsorsium dari LSM Saujana, JPIP, CBM, PSLD UB, dan United Tractors. Bincang bincang Ayo Inklusif. Mengajak perusahaan untuk peduli dan mempekerjakan disabilitas. Dan di tahun 2018, 50 Kader Progresif berhasil mengikuti pelatihan kesiapan kerja dari Malang dan Surabaya.
Tahun 2020 sebanyak 25 peserta dari Sidoarjo (Kegiatan 24-28 Februari 2020 ) dan sekitarnya dan 25 peserta dari Banyuwangi (kegiatan sekitar 16 Maret 2020) dan sekitarnya. Mereka telah terpilih melalui proses seleksi administrative dan interview yang telah dilakukan Saujana. Pada tahun 2020 ini LSM Saujana akan berfokus pada Jawa Timur , memajukan ketenagakerjaan disable. Tetap bersama USAID dan bekerjasama dengan BLK (Balai Latihan Kerja) Sidoarjo dan Banyuwangi.
Adapun tujuan pelatihan ini adalah :
1. Mampu mengenali diri dan menerima diri
2. Memiliki kemampuan merencanakan karir
3. Mengetahui gambaran dunia kerja
4. Mengetahui cara memasuki dunia kerja
Sesi pelatihan dibagi menjadi 4 bagian. Pertama adalah sesi pengantar. Sesi ini peserta diajak untuk mengenal dirinya sendiri, menemukan dan menerima diri. Kedua adalah sesi teori. Pada sesi ini akan diberikan pengetahuan mengenai bekerja dalam kelompok, kepemimpinan dalam tindakan, komunikasi efektif, dan aksi pemuda.
Yang paling menarik, aksi pemuda akan diisi oleh mas Arif “one legz” yang telah lama berkecimpung di dunia breakdancer. Meskipun pada tahun 2007, arif mengalami kecelakaan dan amputasi , ini tidak pernah menyurutkan hobi breakdancernya. Dia lah sang arif “one legz”.
Sesi ketiga , keempat dan kelima. Sudah memasuki sesi praktik. Mengenai dunia kerja. Antara lain, dasar – dasar karir, kenali diri dalam karir, merencanakan karir, pengenalan dunia kerja, memasuki dunia kerja, teknologi penunjang karir, etos kerja dan karya, praktik membuat CV. Dan di sesi ini lebih banyak sesi berkelompok.
Terakhir adalah kembali pada tujuan pelatihan bahwa semua tercapai. 25 orang disabilitas yang terpilih sebagai kader progresif siap untuk memasuki dunia kerja.

Penulis : Dian Eka Riani

11 Responses to “PELATIHAN KESIAPAN KERJA DASAR OLEH LSM SAUJANA”

  1. Calvin Norris Says:

    Hi,

    We’re wondering if you’ve ever considered taking the content from komunitasmatahati.org and converting it into videos to promote on social media platforms such as Youtube?

    It’s another ‘rod in the pond’ in terms of traffic generation, as so many people use Youtube.

    You can read a bit more about the software here: https://bit.ly/3imwT7y

    Kind Regards,
    Calvin

  2. ปั้มไลค์ Says:

    Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

  3. ทิชชู่เปียกแอลกอฮอล์ Says:

    Thanks so much for the blog post.

  4. กรองหน้ากากอนามัย Says:

    I like the valuable information you provide in your articles.

  5. เบอร์สวย Says:

    Good one! Interesting article over here. It’s pretty worth enough for me.

  6. SMS Says:

    I love looking through a post that can make people think. Also, many thanks for permitting me to comment!

  7. ปั้มไลค์ Says:

    Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

  8. ทิชชู่เปียกแอลกอฮอล์ Says:

    A big thank you for your article.

  9. แผ่นกรองหน้ากากอนามัย Says:

    Thanks so much for the blog post.

  10. เบอร์สวยมงคล Says:

    Hi there, after reading this amazing paragraph i am as well delighted to share my knowledge here with friends.

  11. SMS Says:

    I used to be able to find good info from your blog posts.

Leave a Reply